Berbagai Versi Android

Android adalah system operasi untuk telepon selular yang berbasis Linux. Google yang kemudian membelinya dan untuk mengembangkan system operasi itu dibentuklah Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari 34 perusahaan piranti keras, piranti lunak maupun telekomunikasi. Hingga tahun 2009 setidaknya sudah setidaknya 18 jenis ponsel yang telah menggunakan berbagai versi Android yang telah dirilis, dan versi-versi itu adalah:

Android versi 1.1. Ini adalah versi paling awal yang dirilis pada 9 Maret 2007. Pada versi ini dilengkapi dengan push mail yang memungkinkan untuk menerima pasan dan pemberitahuan dari Gmail secara real time. Selain itu juga dilengkapi dengan voice search.

Cupcake. Versi ke dua ini juga disebut dengan versi 1.5, di mana telah terdapat banyak pembaharuan dan penambahan beberapa fitur seperti kemampuan merekam dan menyaksikan video dengan modus kamera, meng-upload video ke Youtube dan gambar Picasa langsung dari ponsel, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar dan keyboar pada layar yang dapat disesuaikan dengan system.

Donut. Disebut juga versi 1.6 dengan menampilkan proses pencarian yang sudah lebih baik dibandingkan versi sebelumnya, penggunaan baterai indicator dan control applet VPN. Fitur lain adalah galeri yang memungkinkan pengguna memilih foto yang akan dihapus, camcorder dan gallery yang diintegrasikan. Juga kemampuan dial kontak serta teknologi text to change speech.

Éclair. Versi 2.0/2.1 diluncurkan pada 3 Desember 2009 dengan perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan pada Google Maps, peningkatan user interface dengan browser baru dan dukungan pada HTML 5, digital zoom serta Bluetooth 2.1.

Frozen Yogurt. Disebut juga Froyo, merupakan Android versi 2.2, dengan pembenahan pada dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi hingga 5 kali lebih cepat, kemampuan wifi hotspot portable serta kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Gingerbread. Android versi 2.3 ini dilengkapi dengan peningkatan pada kemampuan gaming, fungsi copy paste, user interface, dukungan format video VPB dan WebM, efek audio baru seperti equalization, headphone virtualization dan bass boost.

Honeycomb. Versi 3.0 ini dirancang khusus untuk tablet yang akan memberikan sejumlah fitur, interface, kemampuan dan lingkungan API baru untuk mengaksesnya, sehingga Honeycomb ini akan lebih tampil powerfull. Namun demikian dari sisi penggunanya, versi 3.0 ini hanya merupakan minor update saja karena hanya sedikit perubahan yang ditambahkan.

Ice Cream Sandwich. Belum ketahui akan diberi nomor seri berapa, namun diklaim bakal bekerja di smarth phone, tablet bahkan Google TV. Dikatakan bahwa kemampuannya merupakan penggabungan dari versi Honeycomb dan Gingerbread, sehingga semua fasilitas di Honeycomb seperti model widget baru atau antarmuka holografis yang sebelumnya hanya ada di tablet, dapat dinikmati di ponsel.

3 komentar:

{ Sang Cerpenis bercerita } at: 13 Juli 2011 13.34 mengatakan...

met siang..mampir bentar

{ Akmal Fahrurizal } at: 15 Juli 2011 07.15 mengatakan...

wah wah, android masih blum hemat energi nih, pake HP android cepet bgt lowbate. hehe.

{ Muhammad A Vip } at: 15 Juli 2011 11.42 mengatakan...

androit...dulu digadang-gadang, sekarang nandang.

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 technual, All Rights Reserved. Design by DZignine